Jumat, 18 Maret 2011

PROFIL

RENCANA KERJA MADRASAH
 (RKM )
MTs. AL JUMHURIYAH BAYONGBONG
TAHUN 2010-2014



KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN GARUT
MTs. AL JUMHURIYAH BAYONGBONG
Jl. Simpang Samarang Kp. Andir 03/08 Mulyasari Bayongbong Garut
2010


KATA PENGANTAR

Puji syukur alhamdulillah kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, taufiq, dan hidayah-Nya sehingga penulisan RKM ini dapat terselesaikan. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membuka tabir kegelapan menuju jalan yang terang benderang penuh dengan cahaya hidup dan suri tauladannya.
            RKM adalah Rencana Kerja Madrasah. RKM MTs. Al Jumhuriyah Bayongbong Garut berisikan tentang seluruh rencana kerja dan belanja madrasah selama 4 tahun ke depan yang bertujuan untuk memberikan gambaran secara umum dan sekaligus sebagai acuan dari suatu lembaga pendidikan dalam melaksanakan berbagai macam kegiatan, berupa dana yang dibutuhkan serta dari mana asal dana tersebut. Sehingga Rencana Kerja Madrasah ( RKM ) mutlak dibutuhkan.
RKM MTs. Al Jumhuriyah Bayongbong Garut tahun 2010/013 ini kami susun dengan mempertimbangkan saran dan pendapat dari berbagai pihak antara lain guru dan komite madrasah melalui Rapat Dewan Guru, Rapat Komite Madrasah, rapat bersama stakeholder madrasah.
            Terselesaikannya  Rencana Pembelanjaan Madrasah ini tentu saja tidak lepas dari bantuan  dan peran serta banyak pihak. Oleh karena itu, dengan tulus kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada :
  1. Pimpinan Kementerian Agama Kantor Kabupaten Garut.
  2. Pembina Pokjawas Kementerian Agama Kantor Kab. Garut
  3. Tim penyusun  RKM MTs.  Al Jumhuriyah Bayongbong
  4. Segenap Dewan Guru MTs Al Jumhuriyah Bayongbong.
  5. Segenap stakeholder MTs. Al Jumhuriyah Bayongbong.

Disadari bahwa penyusunan RKM MTs. Al Jumhuriyah Bayongbong Garut ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu, kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat kami harapkan guna penyempurnaan program ini.

Garut,     Juli  2010

Penyusun






LEMBAR  PENGESAHAN


RKM  ini telah disahkan dalam Rapat Pleno Madrasah, yang dihadiri oleh Kepala Madrasah, Guru, Pengurus Komite, dan Tokoh Masyarakat

             Bertempat di Bayongbong

                                    Pada tanggal  :   ..........................................

Kabupaten Garut




Ditetapkan di     : Bayongbong
PadaTanggal      :   Juli 2010
Ketua Yayasan
Al Jumhuriyah




Cep Aam Ridwan, S.Pdi
Ketua Komite





KH. A. Solahuddin
Kepala
MTs Al Jumhuriyah Bayongbong



Cecep Imron Mukhlish, S.Ag
Mengetahui,
Ketua Pokjawas,
Kemenag Kantor Kab. Bayongbong





Drs. Asep Sobirin
NIP. 195804011979031003

Kasi Mapenda,
Kemenag Kantor Kab. Bayongbong






Drs. H. Abdul Manaf M. Yazid, M.Si
NIP. 196007101993031001
















DAFTAR  ISI

                                                                                                                                   
KATA PENGANTAR     
LEMBAR PENGESAHAN
DAFTAR ISI                                                                                   
I. PENDAHULUAN
   A. Latar Belakang 
   B. Manfaat RKM
   C. Tujuan RKM
   D. Tahap penyusunan RKM MTs. Al Jumhuriyah
   E. Landasan hukum
II. VISI, MISI DAN TUJUAN MADRASAH
III. KEADAAN MADRASAH
IV. RENCANA KERJA MADRASAH
V. RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN MADRASAH (RKAM)
VI. KESIMPULAN

LAMPIRAN
1. Tabel A: Kesimpulan Profil, Harapan, Tantangan
2. Tabel B: Sebab tantangan & alternatif pemecahan tantangan
3. Tabel D1: Daftar Biaya Satuan
4. Tabel D2: Rencana Biaya Pengembangan
5. Tabel D3: Perkiraan Sumber Pendanaan
6. Tabel D4: Rencana Biaya dan Sumber Pendanaan
7. Tim Penyusunan RKM
8. Foto proses penyuusunan RKM MTs. AL JUMHURIYAH RKM









BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Rencana Kerja Madrasah (RKM) merupakan sebuah proses perencanaan atas semua hal dengan  baik dan teliti untuk mencapai tujuan pendidikan. Dengan tujuan ini madrasah  dapat disesuaikan dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, sosial budaya masyarakat, potensi madrasah dan kebutuhan peserta didik. RKM (Rencana Kerja Madrasah) disusun sebagai pedoman kerja dalam pengembangan madrasah, dasar untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengembangan madrasah, dan sebagai bahan acuan untuk mengidentifikasi serta mengajukan sumber daya yang diperlukan.
Penyuusunan RKM MTs. Al Jumhuriyah mengacu pada Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan dan Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Nasional 2009 – 2013.
Dewasa ini, kompetensi pendidikan berlangsung sangat ketat dan tajam hampir tiada batas. Madrasah yang tidak mampu bersaing secara fair dan terbuka akan tumbang terseleksi oleh keadaan. Oleh karena itu, MTs. Al Jumhuriyah Bayongbong perlu mengembangkan dan meningkatkan secara terus menerus dengan memperhatikan sumberdaya yang dimiliki, baik sumber daya manusia maupun sumber daya lainnya. Kondisi MTs. Al Jumhuriyah Bayongbong memiliki siswa sebanyak 586, guru sebanyak 35, dan pegawai administrasi sebanyak 2, dukungan dan kepercayaan pemangku kepentingan (stakeholders) yang kurang mendukung, sarana dan prasarana yang belum lengkap, yang berada di wilayah pertanian, masyarakat religius dan memiliki tingkat kesadaran pendidikan yang tinggi.
Menghadapi kondisi tersebut MTs. Al Jumhuriyah Bayongbong perlu mempersiapkan diri secara mantap dengan menyusun Rencana Kerja Madrasah (RKM) untuk menghadapi masa yang akan datang. 

B. Manfaat RKM
RKM  penting dimiliki madrasah, maka MTs. Al Jumhuriyah Bayongbong Garut menyusun RKM untuk memberi arah dan bimbingan para pelaku madrasah dalam rangka menuju perubahan atau tujuan madrasah yang lebih baik dalam meningkatkan dan mengembangkan dengan resiko yang kecil dan untuk mengurangi ketidakpastian masa depan. Dengan adanya RKM diharapkan dapat dijadikan sebagai: (1) pedoman kerja untuk perbaikan dan pengembangan madrasah, (2) sarana untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengembangan madrasah, serta, (3) bahan untuk mengajukan usulan pendanaan pengembangan madrasah.
C. Tujuan RKM
MTs. Al Jumhuriyah Bayongbong  Garut menyusun RKM dengan tujuan untuk:
1. Menjamin agar perubahan/tujuan madrasah yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan tingkat kepastian yang tinggi dan resiko yang kecil;
2. Mendukung koordinasi antar pelaku madrasah;
3. Menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi, dan sinergi baik antar pelaku madrasah, antar madrasah dan dinas pendidikan;
4. Menjamin keterkaitan antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan;
5. Mengoptimalkan partisipasi warga sekolah dan masyarakat;
6. Menjamin tercapainya penggunaan sumberdaya secara efisien, efektif, berkeadilan dan berkelanjutan.
D. Tahap penyuusunan RKM MTS AL JUMHURIYAH
Proses penyusunan RKM MTs. Al Jumhuriyah dilakukan melalui tiga jenjang, yaitu: persiapan, perumusan  RKM, dan pengesahan RKM.  Alur proses penyusunan RKM MTs. Al Jumhuriyah tersebut dapat dilukiskan sebagai berikut.
Gambar 1.1: Alur penyusunan RKM MTs. AL JUMHURIYAH RKM


 










Sebelum perumusan RKM dilakukan, Kepala Madrasah & Guru bersama Komite Madrasah membentuk Tim Perumus RKM yang disebut Kelompok Kerja Rencana Kerja Madrasah. KKRKM beranggotakan 6 orang yang terdiri dari unsur : kepala madrasah, wakil kepala madrasah,  guru, wakil dari TU, dan wakil dari komite madrasah.
Setelah KKRKM terbentuk, KKRKM mengikuti pembekalan / orientasi mengenai kebijakan-kebijakan pengembangan pendidikan dan perumusan RKM yang diselenggarakan oleh Pembina Pengawas Kemenag Kantor Kab. Garut.
2. Perumusan RKM
Perumusan RKM dilakukan melalui 4 tahap, sebagai berikut:          
Tahap Kesatu: Identifikasi Tantangan
Tujuan tahap I ini adalah untuk mengidentifikasi tantangan MTs, yaitu dengan cara membandingkan antara ”apa yang diinginkan (harapan)” dengan “apa yang ada saat ini” di MTs. tersebut atau upaya dalam mempertahankan suatu keberhasilan yang telah dicapai sekolah. Identifikasi tantangan dilakukan melalui langkah-langkah berikut ini.
Tahap Kedua: Analisis Pemecahan Tantangan
Langkah-langkah dalam menganalisis tantangan adalah sebagai berikut :
Dalam penyusunan program RKM MTs. Al Jumhuriyah, ada 6 langkah yang perlu dilakukan, yaitu:
3. Menetapkan Penanggungjawab Program
6. Menyusun Jadwal Kegiatan
Tahap Keempat: Penyusunan RKAM ( Rencana Biaya dan Pendanaan )                             
Pada tahap ini ditetapkan jenis dan banyaknya dana yang dibutuhkan, perkiraan jenis dan jumlah sumber pendanaan, aturan-aturan dari sumber pendanaan dan alokasi jenis dan sumber pendanaan untuk setiap jenis kebutuhan dana.
3. Pengesahan RKM
Setelah RKM selesai disusun oleh KKRKM, RKM dibahas bersama oleh kepala madrasah, semua guru, dan komite madrasah untuk dikaji ulang agar RKM yang telah disusun sesuai dengan yang diharapkan. Selanjutnya RKM yang telah dikaji ulang dan diperbaiki disahkan oleh kepala Madrasah Tsanawiyah, komite madrasah, dan kepala Kementerian Agama Kantor Kabupaten Garut. Akhirnya, RKM yang telah disahkan, disosialisasikan kepada para pemangku kepentingan di MTs. Al Jumhuriyah Bayongbong  Kabupaten Garut

E. Landasan Hukum
Landasan hukum Penyuusunan RKS/RKM ini sebagai berikut.
1.      UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional psl. 4 ( pengelolaan dana pendidikan berdasar pada prinsip keadilan, efesiensi, transparansi dan akuntabilitas publik).
2.      Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.
3.      PP No. 19/ 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan psl. 53 (Setiap satuan pendidikan dikelola  atas dasar rencana kerja tahunan yang merupakan penjabaran rinci dari rencana kerja jangka menengah satuan pendidikan yang meliputi masa 4 tahun).
4.      Permendiknas 19/2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan. Sekolah membuat Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) 4 tahun, Rencana Kerja Tahunan (RKT) dinyatakan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKA/M) dilaksanakan berdasarkan RKJM.  RKJM/T disetujui rapat dewan pendidik setelah memperhatikan pertimbangan dari Komite Sekolah dan disyahkan berlakunya oleh Dinas Pendidikan Kab/Kota. 

















BAB II
VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH

A. Visi
“ Mewujudkan generasi islami yang teguh dalam menghadapi tantangan zaman dengan memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan serta memiliki wawasan yang luas dalam IPTEK dan IMTAQ”
B. Misi
1.    Menghasilkan lulusan yang handal dalam IMTAQ dan IPTEK.
2.     Membentuk siswa yang kreatif, inovatif dan imajinatif dalam menghadapi era
modernisasi.
3.     Menciptakan lingkungan yang kondusif demi tercapainya proses pendidikan
secara optimal.
4.     Menumbuhkembangkan potensi yang dimiliki siswa dalam segala bidang secara
efektif dan efisien.

C. Tujuan MTs. Al Jumhuriyah Bayongbong Kabupaten Garut
Pada tahun 2008-2011 MTs. berusaha mencapai tujuan:
  1. Meningkatkan kualitas iman, ilmu dan amal sholeh pada seluruh warga madrasah
  2. Meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana/prasarana serta pemberdayaannya, yang mendukung peningkatan prestasi amaliah keagamaan Islam, prestasi akademik dan non akademik
  3. Meningkatkan nilai rata-rata UN secara berkelanjutan
  4. Meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler
  5. Meningkatkan kemampuan pendidik dalam bidang komputer dan internet
  6. Meningkatken kemampuan peserta didik dalam bidang komputer
  7. Menambah kuantitas dan kualitas sarana dan pra sarana laboratorium IPA
  8. Meningkatkan kegiatan ibadah sholat berjama’ah, tadarus Al Qur’an pagi dan sosial keagamaan bagi semua warga madrasah


BAB III
KEADAAN MADRASAH

Gambaran mengenai keadaan sekolah (profil sekolah) dalam kurun waktu tiga tahun terakhir (2010-2013) dapat dikemukakan sebagai berikut.
A.     Proses Penerimaan Siswa Baru
1.      Proses PSB di MTs. Al Jumhuriyah Bayongbong masih dilaksanakan secara tradisional yakni hanya memberikan edaran atau brosur berupa informasi seputar penerimaan siswa baru ke SD/MI di sekitar madrasah.
2.      Kondisi ekonomi wali murid menengah ke bawah, karena mayoritas berprofesi sebagai buruh tani dan buruh pabrik.
3.      Jarak dengan SMP Negeri dan MTs. terlalu dekat sehingga berpengaruh terhadap perkembangan madrasah dalam arti penerimaan siswa.
4.      Kenyataan yang terjadi dilapangan bahwa Madrasah Tsanawiyah Al Jumhuriyah Bayongbong hanya sebagai madrasah alternatif karena sebagian besar orang tua lulusan SD/MI lebih memilih menyekolahkan anaknya ke SMP.
B.     Proses Pembelajaran
Pada umumnya proses pembelajaran telah berjalan dengan baik, namun demikian ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian dan peningkatan yaitu :
1.      Silabus untuk setiap mata pelajaran belum tersedia secara lengkap di semua kelas.
2.      Rencana pembelajaran untuk setiap mata pelajaran belum tersedia secara lengkap di semua kelas.
3.      Dalam rencana pembelajaran masih ada yang belum memuat: tujuan pembelajaran secara tepat, strategi pembelajaran yang bervariasi, media pembelajaran yang tepat dan bervariasi.
4.      Dalam pelaksanaan pembelajaran, sebagian besar guru belum melaksanakannya sesuai dengan silabus yang telah disusun untuk setiap pelajaran, strategi dan metode pembelajaran belum variasi, interaktif, dan menyenangkan.
5.       Keterbatasan alat peraga yang dimiliki mengakibatkan pelaksanaan pembelajaran tidak optimal.
C.     Manajemen Sekolah
1.      Pengelolaan keuangan bersifat sentralistik, berpusat pada yayasan.
2.      Ruangan administrasi masih dipergunakan antara 2 lembaga yaitu MTs. Al Jumhuriyah Bayongbong
3.      Tenaga administrasi masih kurang jika diprosentasekan dengan jumlah siswa.


D.     Peran Serta Masyarakat
1.      Madrasah belum melibatkan orang tua peserta didik dalam menyusun, melaksnakan, dan mengevaluasi program madrasah.
2.      Pekerjaan orang tua peserta didik mayoritas petani dan pegawai swasta dengan penghasilan kurang dari Rp. 500.000 per bulan
3.      Komite madrasah belum bekerja secara maksimal baik sebagai pemberi pertimbangan, pendukung, pengontrol dan penghubung dengan pemangku kepentingan karena semua tugas tersebut selama ini dicover oleh Yayasan.
4.      Masyarakat belum memberikan dukungan pada program pengembangan madrasah baik berupa bantuan insindental dan bantuan terprogram.
E.      Prestasi Peserta Didik
1.      Tahun 1984 Juara Umum tingkat kecamatan dalam lomba Gerak Jalan
2.      Tahun 1994 Juara Umum tingkat Kabupaten dalam lomba Kebersihan antar Sekolah
3.      Tahun 1994 Juara II tingkat kecamatan dalam lomba Bola Volli (putri)
4.      Tahun 1995 Juara II tingkat kecamatan dalam lomba Gerak Jalan
5.      Tahun 1996 Juara I tingkat kecamatan dalam lomba MTQ Remaja Putri
6.      Tahun 1996 Juara II tingkat Garut Selatan dalam lomba Bola Volli (putri)
7.      Tahun 1997 Juara Harapan I tingkat kecamatan dalam lomba Gerak Jalan HUT RI
8.      Tahun 1999 Juara I tingkat kecamatan dalam lomba Gerak Jalan HUT RI
9.      Tahun 2004 Juara II tingkat Provinsi Jawa Barat dalam lomba Pidato Bahasa Indonesia
10.  Tahun 2004 Juara III tingkat Provinsi Jawa Barat dalam lomba Poetry Story Bahasa Inggri
11.  Tahun 2005 Juara III tingkat kecamatan dalam lomba Puisi Pelajar SMP/MTs.
12.  Tahun 2006 Juara III tingkat kecamatan dalam lomba Cepat Tepat Pelajar SMP/MTs.
13.  Tahun 2007 Juara III tingkat Kecamatan dalam lomba MTQ.
14.  Tahun 2008 Juara I tingkat kecamatan dalam lomba Lintas Alam Gerakan Pramuka
15.  Tahun 2009 Juara Umum III Porseni tingkat Garut Selatan dari 15 bidang perlombaan.
16.  Tahun 2010 Juara Umum I Porseni MTs Se Kabupaten Garut dalam lomba Bulu Tangkis.
17.  Tahun 2010 Juara Umum II Porseni MTs Se Kabupaten Garut dalam lomba Tenis Meja.
F.      Sumber Daya Pendidikan
1.      Madrasah belum bisa melaksanakan PBM di pagi hari karena kurangnya ruang kelas.
2.      Madrasah belum memiliki laboratorium bahasa, laboratorium IPA.
3.      99 % guru memiliki kualifikasi mengajar dengan data 3 guru berijazah S-2, 27 guru berijazah S-1, 4 guru berijazah D-2 dan 2 guru berijazah SMA/MA
4.      Perpustakaan madrasah belum dapat beropersional dan buku penunjang yang tersedia belum lengkap.

































BAB IV
RENCANA KERJA MADRASAH

Rencana Kerja MTs. Al Jumhuriyah Bayongbong Kabupaten Garut disusun dengan mempertimbangkan keadaan madrasah, harapan pemangku kepentingan, dan tantangan dalam lingkungan strategis pendidikan di madrasah agar sasaran dan program pengembangan madrasah dalam 4 tahun ke depan lebih realistis dan konsisten dengan prinsip-prinsip pengelolaan  pendidikan yang efektif, efisian, akuntabel, dan demokratis. Hasil dari identifikasi dan analisis pemecahan tantangan madrasah dapat dilihat pada tabel A dan B terlampir.
Dalam bab ini dikemukakan hasil pengembangan program madrasah,  yang mencakup telaah mengenai: (1) sasaran, (2) program, (3) indikator keberhasilan, (4) kegiatan, (5) penanggung jawab, dan (6) jadwal kegiatan.
Sasaran digunakan sebagai panduan dalam menyusun program dan kegiatan yang akan dilakukan dalam waktu 4 tahun  guna merealisasikan alternatif pemecahan tantangan yang telah dirumuskan pada tahap II (lihat tabel B kolom 2). Dalam menetapkan sasaran, madrasah telah melakukan analisis kesiapan madrasah untuk mencapai sasaran tersebut, antara lain dengan melihat kesiapan sumber daya manusia, sarana & prasarana,  keuangan, dan situasi serta kondisi sekolah. Rumusan sasaran pengembangan madrasah dalam kurun waktu 4 tahun ke depan dapat dilihat dalam tabel 3.1 kolom 1. 
Setelah sasaran dirumuskan, sekolah menetapkan program-program yang perlu dikembangkan di madrasah. Program merupakan  pernyataan yang berisi kesimpulan dari beberapa alternatif pemecahan tantangan utama yang memiliki karakteristik yang saling mendukung, saling tergantung, atau saling berkaitan untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Berdasarkan hasil identifikasi pemecahan tantangan utama tersebut, maka program-program yang akan dikembangkan di MTs. Al Jumhuriyah Bayongbong  Kabupaten Garut sebagai berikut.
1.      Pengembangan kurikulum dan pembelajaran.
2.      Perbaikan Administrasi & Manajemen Sekolah.
3.      Pengembangan Organisasi & Kelembagaan.
4.      Perbaikan Sarana dan Prasarana.
5.      Peningkatan kualitas SDM (ketenagaan).
6.      Peningkatan Pembiayaan dan Pendanaan Madrasah.
7.      Peningkatan Peran Serta Masyarakat.
8.      Peningkatan Prestasi Peserta Didik.
9.      Peningkatan kualitas Lingkungan dan Budaya Madrasah.
Untuk mengetahui keberhasilan apakah program/sasaran yang ditetapkan berhasil atau tidak, maka Madrasah telah merumuskan indikator keberhasilan. Indikator keberhasilan yang dirumuskan, berkaitan dengan proses dan/atau hasil akhir. Rumusan indikator keberhasilan dapat dilihat dalam tabel 3.1 kolom 3.
Setelah indikator keberhasilan ditetapkan, langkah berikutnya adalah merumuskan kegiatan-kegiatan yang perlu dilakukan di madrasah. Kegiatan pada dasarnya merupakan tindakan-tindakan yang akan dilakukan di dalam program untuk memecahkan tantangan yang dihadapi madrasah. Kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan di madrasah dapat dilihat pada tabel 3.1 kolom 4. Sedangkan penanggung jawab program dan kegiatan dapat dilihat di kolom 5.



























TABEL 3.1
PROGRAM PENGEMBANGAN MADRASAH
MTs. AL JUMHURIYAH BAYONGBONG GARUT
Sasaran
Program
Indikator Keberhasilan
Kegiatan
Penanggung jawab
Tersedianya alat peraga visual berupa TV dan kaset yang berhubungan dengan materi pelajaran
Pengembangan kurikulum dan pembelajaran
Sekolah memiliki alat peraga visual berupa TV dan kaset yang berhubungan dengan materi pelajaran
Rapat Komite dan Dewan Guru
Kepala Madrasah



Sosialisasi program kepada wali murid
Kepala Madrasah
Tersedianya semua buku mata pelajaran dan buku penunjang lainnya
Pengembangan kurikulum dan pembelajaran
Sekolah memiliki semua buku mata pelajaran
Pengadaan buku melalui :
Kerja sama dengan BOS Buku dan intasi terkait.

Kepala Madrasah, Intasi  dan Bendahara BOS Buku



Kerjasama dengan penerbit PT. Erlangga


Kepala Madrasah dan Bendahara BOS Buku
Terciptanya keberanian Speaking English, kecakapan berdiskusi, dan kecakapan memecahkan soal
Pengembangan kurikulum dan pembelajaran
Peserta Didik mengaplikasikan kemampuan Speaking English, kecakapan berdiskusi, dan kecakapan memecahkan soal
Pembentukan study club


Kepala Madrasah dan Guru Bidang Studi Bahasa Inggris



Pengadaan kegiatan dengan native speaker (pembicara asli)




Pengadaan lomba speak Contest lokal, tingkat KKM.

Terbentuknya peserta didik yang terampil
Pengembangan kurikulum dan pembelajaran
Peserta didik siap dalam kecakapan hidup
Pengadaan kerja sama dengan SMK terdekat
Kepala Madrasah dan Waka Humas
Terbentuknya tenaga pendidik yang profesional
Pengembangan kurikulum dan pembelajaran
Tenaga pendidik berkualitas
Peningkatan kecakapan pendidik melalui pelatihan PAKEM
Kepala Madrasah



Peningkatan kecakapan PTK

Terlaksananya kegiatan studi banding dalam rangka upaya peningkatan mutu ke MTs Negeri Malang
Pengembangan kurikulum dan pembelajaran
Tenaga pendidik berwawasan luas
Pembuatan rincian / rancangan studi banding dalam rangka upaya peningkatan mutu ke MTs Negeri Malang dalam hal keadministrasian, kelengkapan sarana prasarana
Kepala Madrasah



Rapat sosialisasi studi banding dalam rangka upaya peningkatan mutu ke MTs Negeri  




Pelaksanaan studi banding dalam rangka upaya peningkatan mutu ke MTs Negeri

Tersusunnya job description yang baru untuk Komite Madrasah, Kepala Madrasah, Guru dan Staf di awal semester genap tahun pelajaran 2010/2011
Perlengkapan organisasi dan kelembagaan
Sekolah memiliki job description yang baru untuk Komite Madrasah, Kepala Madrasah, Guru dan Staf
Penyusunan job description yang baru untuk Komite Madrasah, Kepala Madrasah, Guru dan Staf
Kepala Madrasah
Terbentuknya kerja sama dengan lembaga pendidikan lain di luar daerah dan atau luar negeri untuk mengembangkan sekolah dalam hal peningkatan kualitas peserta didik

Sekolah menjalin kerja sama dengan lembaga pendidikan lain di luar daerah dan atau luar negeri untuk mengembangkan sekolah dalam hal peningkatan kualitas peserta didik
1.       Pengadaan kegiatan lomba olahraga  antar madrasah
2.       Pengadaan kerja sama dengan MTs. Di wilayah sekitar untuk mengadakan study banding ke MTs. terdekat

1.  Waka Kesiswaan
2.  Waka Kurikulum
Tersusunnya peraturan khusus di luar aturan yang dibuat oleh pemerintah dan/atau yayasan dalam rangka meningkatkan efektifitas belajar

Sekolah membuat peraturan khusus di luar aturan yang dibuat oleh pemerintah dan/atau yayasan dalam rangka meningkatkan efektifitas belajar
Pembuatan peraturan khusus di luar aturan yang dibuat oleh pemerintah dan/atau yayasan dalam rangka meningkatkan efektifitas belajar dengan mengambil suara mufakat (rapat) dari warga madrasah
Kepala Madrasah
Terbangunnya 8 ruang kelas Baru 2010/2011
Pembangunan 8 ruang kelas
Sekolah membuat proposal pembangunan 8 ruang kelas ber lantai atas tahun 2010-2011
Pengajuan proposal pembangunan 8 ruang kelas berlantai atas kepada Pemda, Propinsi dan Pusat
Kepala Madrasah



Sosialisasi Pembangunan 8 ruang kelas berlantai atas




Pelaksanaan pembangunan 8 ruang kelas berlantai atas

Terbangunnya 1 Ruang Wakil Kepala Madrasah, 1 Ruang BK, 1 Ruang tamu dan 1 ruang komite madrasah tahun 2010-2011.
Pembangunan 1 Ruang Wakil Kepala Madrasah, 1 Ruang BK, 1 Ruang tamu dan 1 ruang komite madrasah.
Sekolah membuat proposal pembangunan 1 Ruang Wakil Kepala Madrasah, 1 Ruang BK, 1 Ruang tamu dan 1 ruang komite madrasah tahun 2010-2011
Pengajuan proposal pembangunan 1 Ruang Wakil Kepala Madrasah, 1 Ruang BK, 1 Ruang tamu dan 1 ruang komite madrasah kepada Pemda, Propinsi dan Pusat
Kepala Madrasah



Sosialisasi Pembangunan 1 Ruang Wakil Kepala Madrasah, 1 Ruang BK, 1 Ruang tamu dan 1 ruang komite madrasah.




Pelaksanaan pembangunan 1 Ruang Wakil Kepala Madrasah, 1 Ruang BK, 1 Ruang tamu dan 1 ruang komite madrasah.

Terbangunnya 1 ruang kesenian, 1 ruang multimedia, dan alat bantu PBM sebagai ruang belajar selain kelas
Pembangunan 1 ruang kesenian, 1 ruang multimedia, dan alat bantu PBM sebagai ruang belajar selain kelas
Sekolah membuat proposal 1 ruang kesenian, 1 ruang multimedia, dan alat bantu PBM sebagai ruang belajar selain kelas tahun 2009-2010
Pengajuan proposal pembangunan 1 ruang kesenian, 1 ruang multimedia, dan alat bantu PBM sebagai ruang belajar selain kelas kepada Pemda, Propinsi dan Pusat

Terbangunnya 1 ruang aula dan 1 gudang tahun 2011 – 2012.
Sarana dan prasarana
Sekolah memiliki 1 ruang aula dan 1 gudang tahun 2011 – 2012.
1. Proposal
2. PSM
Ketua yayasan , kepala madrasah
Tersedianya kursi untuk peserta didik sebanyak 120 buah, guru 3 buah tahun 2009-2010
Sarana dan prasarana
Sekolah memiliki kursi untuk peserta didik sebanyak 120 buah, guru 3 buah tahun 2009-2010
1. Bos
2. PSM
Ketua Yayasan , Kepala Madrasah
Tersedianya 15 kursi diperpustakaan dan dilaboratorium komputer 8 kursi tahun 2008 - 2009
Sarana dan prasarana
Sekolah memiliki 15 kursi diperpustakaan dan dilaboratorium komputer 8 kursi tahun  2008 – 2009



1. Bos
2. PSM
Ketua Yayasan , Kepala Madrasah
Tersedianya kursi di ruang guru 17 buah dan ruang tata usaha 1 buah tahun 2008 - 2009
Sarana dan prasarana
Sekolah memiliki kursi di ruang guru 17 buah dan ruang tata usaha 1 buah tahun 2008 - 2009
1. Bos
2. PSM
Ketua Yayasan , Kepala Madrasah
Tersedianya meja di ruang kelas untuk peserta didik sebanyak 60 buah dan untuk guru sebanyak 3 buah tahun 2009 - 2010
Sarana dan prasarana
Sekolah memiliki meja di ruang kelas untuk peserta didik sebanyak 60 buah dan untuk guru sebanyak 3 buah tahun 2009 - 2010
1. Bos
2. PSM
Ketua Yayasan , Kepala Madrasah
Tersedianya 23 meja di ruang guru tahun 2008 - 2009
Sarana dan prasarana
Sekolah memiliki 23 meja di ruang guru tahun 2008 - 2009
1.   Proposal
2.  PSM
Komite Madrasah
Kepala Madrasah
Tersedianya 1 meja kantor diruang tata usaha tahun 2008 - 2009
Sarana dan prasarana
Sekolah memiliki 1 meja kantor diruang tata usaha tahun 2008 - 2009
1.  Proposal
2.  PSM
Komite Madrasah
Kepala Madrasah
Tersedianya 9 almari kelas tahun 2009 - 2010
Sarana dan prasarana
Sekolah memiliki 9 almari kelas tahun 2009 - 2010
1. Proposal
2.  PSM
Komite Madrasah
Kepala Madrasah
Tersedianya 1 etalase di Ruang Kepala Madrasah tahun 2011 - 2012
Sarana dan prasarana
Sekolah memiliki1 etalase di Ruang Kepala Madrasah tahun 2011 - 2012
1. Bos
Kepala Madrasah
Tersedianya 3 papan tulis di ruang kelas tahun 2009 - 2010
Sarana dan prasarana
Sekolah memiliki 3 papan tulis di ruang kelas tahun 2009 - 2010
1. Bos
Kepala Madrasah
Tersedianya laboratorium dan ruang praktik IPA, bahasa, ketrampilan, kesenian, olahraga tahun 2011 – 2012

Sarana dan prasarana
Sekolah memiliki laboratorium dan ruang praktik IPA, bahasa, ketrampilan, kesenian, olahraga tahun 2011 - 2012
1.       Proposal
2.       PSM
Kepala Madrasah
Tersedianya kelengkapan (alat/bahan) laboratorium/ruang ketrampilan/ruang praktik untuk lab. IPA 75% dari kebutuhan, dan lab komputer 75% dari kebutuhan 2011 - 2012
Sarana dan prasarana
Sekolah memiliki kelengkapan (alat/bahan) laboratorium/ruang ketrampilan/ruang praktik untuk lab. IPA 75% dari kebutuhan, dan lab komputer 75% dari kebutuhan 2011 - 2012
1. Proposal
2. PSM
Ketua Yayasan,
Kepala Madrasah
Tersedianya ruang praktik IPA, dan sebagian alat/bahan yang digunakan di lab. IPA (alat praktikum fisika dan alat penunjang fisika) tahun 2010 - 2011
Sarana dan prasarana
Sekolah memiliki ruang praktik IPA, dan sebagian alat/bahan yang digunakan di lab. IPA (alat praktikum fisika dan alat penunjang fisika) tahun 2010 - 2011
1. Proposal
2. PSM
Ketua Yayasan,
Kepala Madrasah
Tersedianya tabung kapiler, respirometer, kotak genetika 5 warna, MIKROSLID-mammalian, mikrotom sederhana, kuadrat, fleksibel, tipe lipat, eosin, BG 25 gr, iodine crystals (12), BG 500 gr, calcium oxide (CaO), T 500 gr, sodium hydroide (NaOH) T 500 gr, penghubung selang Y, benedict 500 ml, akuarium, cawan Petri, kaki tiga, kasa baja tahan karat, jam henti, dual dial, lumpang dan alu, pipet tetes, sumbat karet 1 lubang, sumbat karet 2 lubang lubang, batang penaduk kaca, statif segi 4, klem universal, boss head, tabung reaksi, medium will with rim, penjepit tabung reaksi, rak tabung reksi, segala macam jenis CARTA, auxanometer tahun 2011 - 2012
Perangkat pembelajaran
Sekolah memiliki tabung kapiler, respirometer, kotak genetika 5 warna, MIKROSLID-mammalian, mikrotom sederhana, kuadrat, fleksibel, tipe lipat, eosin, BG 25 gr, iodine crystals (12), BG 500 gr, calcium oxide (CaO), T 500 gr, sodium hydroide (NaOH) T 500 gr, penghubung selang Y, benedict 500 ml, akuarium, cawan Petri, kaki tiga, kasa baja tahan karat, jam henti, dual dial, lumpang dan alu, pipet tetes, sumbat karet 1 lubang, sumbat karet 2 lubang lubang, batang penaduk kaca, statif segi 4, klem universal, boss head, tabung reaksi, medium will with rim, penjepit tabung reaksi, rak tabung reksi, segala macam jenis CARTA, auxanometer tahun 2011 – 2012
1.       Bos
2.       PSM
Kepala Madrasah
Kepala Laboratorium IPA
Tersedianya 2 mikroskop dan peralatannya tahun 2008 - 2009
Perangkat pembelajaran
Sekolah memiliki 2 mikroskop dan peralatannya tahun 2008 - 2009
1.       Bos
2.       PSM
Kepala Madrasah
Kepala Laboratorium IPA
Tersedianya lab. bahasa dan melengkapi perangkat yang berkaitan seperti master console, booth peserta didik, headset untuk peserta didik, room speaker, TV, komputer, 1 kursi guru, 20 kursi siswa, 1 almari, 1 papan tulis, dan AC atau sejenisnya tahun 2011 - 2012
Sarana prasarana
Sekolah memiliki lab. bahasa dan melengkapi perangkat yang berkaitan seperti master console, booth peserta didik, headset untuk peserta didik, room speaker, TV, komputer, 1 kursi guru, 20 kursi siswa, 1 almari, 1 papan tulis, dan AC atau sejenisnya tahun 2011 - 2012
1.       Proposal
2.       PSM
Ketua Yayasan,
Kepala Madrasah
Tersedianya jaringan internet di lab. Komputer 2008 - 2009
Sarana prasarana
Sekolah memiliki jaringan internet di lab. Komputer 2008 - 2009
1.       Proposal
2.       PSM
3.       Kas komputer
4.       Komite
Kepala Madrasah
Bendahara Komputer
Tersedianya sarana sanitasi berupa sumur bor dalam tahun 2008 - 2009
Sarana prasarana
Sekolah memiliki sarana sanitasi berupa sumur bor dalam tahun 2008 - 2009
1.       Proposal
2.       PSM
3.       Komite
Ketua Yayasan,
Kepala Madrasah
Komite
Tersedianya 2 kamar mandi dengan kondisi baik dan dan 6 kamar mandi + kakus tahun 2008 - 2009
Sarana prasarana
Sekolah memiliki 2 kamar mandi dengan kondisi baik dan dan 6 kamar mandi + kakus tahun 2008 - 2009
1.       Proposal
2.       PSM
3.       Komite
Ketua Yayasan,
Kepala Madrasah
Komite
Tersedianya 9 tempat cuci tangan 2008 - 2009
Sarana prasarana
Sekolah memiliki 9 tempat cuci tangan 2008 - 2009
1.       PSM
2.       Komite
Kepala Madrasah
Komite
Tersedianya wadah penampung sampah baik sampah tercampur dan tempat sampah terpisah tahun 2008 - 2009
Sarana prasarana
Sekolah memiliki wadah penampung sampah baik sampah tercampur dan tempat sampah terpisah tahun 2008 - 2009
1.       PSM
2.       Komite
Ketua Yayasan,
Kepala Madrasah
Komite
Tersedianya kerja sama dengan dinas kebersihan setempat dengan pengiriman mobil pengangkut sampah tahun 2008 - 2009
Sarana prasarana
Sekolah memiliki kerja sama dengan dinas kebersihan setempat dengan pengiriman mobil pengangkut sampah tahun 2008 - 2009
1.       PSM
2.       Komite
Ketua Yayasan,
Kepala Madrasah
Komite
Tersedianya tenaga pendukung agar sesuai dengan bidang keahliannya tahun 2008 - 2009
Sarana prasarana
Sekolah memiliki tenaga pendukung agar sesuai dengan bidang keahliannya tahun 2008 - 2009
1.       PSM
2.       Komite
Ketua Yayasan,
Kepala Madrasah
Komite
Terlaksananya promosi-demosi SDM 2008 - 2009
Sarana prasarana
Sekolah memiliki promosi-demosi SDM 2008 - 2009
1.       PSM
2.       Komite
Ketua Yayasan,
Kepala Madrasah
Komite





Terbentuknya kerjasama antara guru, Kepala Madrasah, dan komite madrasah dalam memanajemen peserta didik yang meliputi PSB, administrasi, konseling, kesehatan, kenaikan kelas, dan pendataan di awal tahun pelajaran 2007/2008
Peningkatan manajemen peserta didik
Sekolah menjalin kerjasama antar guru,  Kepala Madrasah, dan komite madrasah dalam memanajemen peserta didik yang meliputi PSB, administrasi, konseling, kesehatan, kenaikan kelas, dan pendataan
Pengadaan kerjasama antara guru, Kepala Madrasah, dan komite madrasah dalam memanajemen peserta didik yang meliputi PSB, administrasi, konseling, kesehatan, kenaikan kelas, dan pendataan
Waka. Kurikulum
Tersedianya program layanan BK yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik di awal semester genap pada tahun pelajaran 2008/2009

Sekolah memiliki program layanan BK yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik
Pembuatan program layanan BK yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik
Kepala Madrasah
Terlaksananya kehadiran peserta didik 90% pada di setiap tahun pelajaran mulai tahun pelajaran 2008/2009 sampai dengan tahun pelajaran 2011/2012

Kehadiran peserta didik mencapai 90% pada tahun pelajaran 2007/2008
Pengaktifan kehadiran peserta didik yang dapat teratasi dengan mencari solusi dan memotivasi peserta didik
Wali Kelas

































TABEL 3.2
JADWAL RENCANA KERJA MADRASAH
MTs. AL JUMHURIYAH BAYONGBONG BEJI
No
Program / Kegiatan
2007/2008
2008/2009
2009/2010
2010/2011
2011/2012
Smt
Smt
Smt
Smt
Smt
Smt
Smt
Smt
Smt
Smt
1
2
1
2
1
2
1
2
1
2
I
PENGEMBANGAN KURIKULUM & PEMBELAJARAN










1. Pengadaan TV melalui :










1.1. Rapat komite dan dewan guru










1.2. Sosialisasi kepada wali murid










1.3. Menjalin kerjasama dengan










        UD Randu Putih










2. Pengadaan buku melalui :










2.1. Kerjasama dengan BOS buku










2.2 Kerjasama dengan UD. Baca Tulis










2.3 Kerjasama dengan penerbit Yudistira










3. Pengadaan Kegiatan










3.1 Pembentukan study club










3.2 Pengadaan tourisme










3.3 Pengadaan kegiatan dengan native










      speaker (pembicara asli)










3.4 Pengadaan lomba speak contest lokal,










       tingkat KKM










4. Pengadaan Kerjasama










4.1 Pengadaan kerjasama dengan SMK










       terdekat










II
ADMINISTRASI DAN MANAJEMEN MADRASAH










1. Perbaikan administrasi dan manajemen madrasah










1.1. Peningkatan kecakapan pendidik melalui pelatihan PAKEM










1.2. Peningkatan kecakapan PTK










2. Pelaksanaan Perbaikan Administrasi dan










    Manajemen Sekolah










2.1. Pembuatan rincian program studi banding










2.2. Rapat Sosialisai Studi Banding










2.3. Pelaksanaan Studi Banding










III
Organisasi dan Kelembagaan










1. Pengembangan Organisasi dan Kelembagaan










1.1. PenyuAL JUMHURIYAH Job Description yang baru










        untuk Komite Madrasah, Kepala Madrasah,










        Guru dan Staf










1.2. Pengadaan Kegiatan Lomba Olah Raga










        (Bola Voli, Bola Basket) antar madrasah










1.3. Pengadaan Kerjasama dengan MTs di wilayah










        sekitar untuk mengadakan studi banding










        ke MTs N Malang










1.4. Pembuatan Peraturan Khusus diluar aturan










        yang dibuat oleh pemerintah dan yayasan










IV
Sarana Dan Prasarana










1. Perbaikan Sarana Dan Prasarana










1.1. Pengajuan Proposal Pembangunan 6 ruang










        Kelas pada lantai atas 616 m2 kepada PEMDA Propinsi










1.2. Sosialisasi Pembangunan 6 ruang kelas










1.3. Pelaksanaan Pembangunan 6 ruang kelas pada lantai atas










1.4. Pengajuan Proposal Pembangunan 1 ruang










        wakil kepala madrasah, 1 ruang BK, 1 ruang










        tamu dan 1 ruang komite










1.5. Sosialisasi Pembangunan 1 ruang wakil










        kepala madrasah, 1 ruang BK, 1 ruang tamu dan










        1 ruang komite










1.6. Pelaksanaan Pembangunan 1 ruang wakil kepala










        komite










1.7. Pengajuan Proposal Pembangunan 1 ruang kesenian










        1 ruang multimedia dan alat bantu PBM sebagai ruang










        belajar selain kelas kepada PemDa, Propinsi dan Pusat










V
KETENAGAAN










1. Peningkatan kualitas SDM (ketenagaan)










1.1. Pengiriman tenaga pendukung pada pelatihan, Seminar,










       dan MGMP










1.2. Pengadaan program promosi-demosi SDM pada










       stakeholder madrasah










1.3. Pengadaan kegiatan program promosi-demosi pada SD/MI










        pada wilayah sekitar madrah










VI
PEMBIAYAAN DAN PENDANAAN










1. Peningkatan Pembiayaan dan Pendanaan Madrasah










1.1. Pengoptimalan PSM dalam peningkatan pembiayaan










        dan Pendanaan madrasah










1.2. Pengajuan proposal pada instansi terkait










VII
PESERTA DIDIK










Peningkatan Prestasi Peserta Didik










1. Mekanisme PSB










1.1. Pembagian Job description pada guru, Ka. Mad. Dan Komite










1.2. Pelaksanaan tugas manajemen guru, Ka. Mad dan komite










        madrasah sesuai dengan Job Description










2. Program kegiatan OSIS










2.1. Pengadaan kegiatan LDKS oleh OSIS










3. Peningkatan rata-rata nilai raport










3.1. PenyuAL JUMHURIYAH perangkat pembelajaran oleh guru mapel










3.2. Penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi










3.3. Pelaksanaan remidi dan pengayaan










4. Pengimplementasian nilai mapel Aswaja pada perilaku










    kehidupan peserta didik dalam bentuk kegiatan :










4.1. Pengadaan Tahlil, Pembacaan Diba', dan istighotsah










4.2. Pelatihan Aswaja oleh IPNU/IPPNU










5. Peningkatan Nilai UN pada tapel 2007/2008










5.1. Pengoptimalan KBM










5.2. Pembimbingan belajar bagi siswa kelas IX untuk mapel UN










5.3. Pengadaan Try Out UN sebanyak 5 kali










6. Pengaktifan kehadiran peserta didik yang dapat teratasi










    dengan mencari solusi dan memotivasi peserta didik










VIII
PERAN SERTA MASYARAKAT










Peningkatan Peran Serta Masyarakat










1. Peningakatan peran serta ortu peserta didik dalam menyusun










    Perencanaan program madrasah










2. Peningakatan peran serta ortu peserta didik dalam










    melaksanakan program madrasah










3. PenyuAL JUMHURIYAH AD/ART, program kerj, dan memiliki laporan










    pertanggungjawaban










4. Peningkatan PSM untuk memberikan dukungan pada










    program pengembangan madrasah










4.1. Pengadaan sosialisasi bersama komite madrasah pada










       orangtua peserta didik










4.2. Pembentukan forum silaturrohmi










4.3. Pengadaan kegiatan sosial kemasyarakatan










IX
LINGKUNGAN DAN BUDAYA SEKOLAH










Peningkatan kualitas lingkungan dan budaya sekolah










1. Penyelenggaraan kegiatan untuk meningkatkan belajar










    bagi warga madrasah










1.1. Sosialisasi program










1.2. Pembentukan club bahasa dan club KIR










2. Peningkatan program ketertiban madrasah










2.1. Sosialisasi program










3. Peningkatan pembiasaan disiplin berpakaian










3.1. Sosialisasi program























BAB V
RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN MADRASAH (RKAM)

Proses penyuAL JUMHURIYAH rencana biaya dan pendanaan RKM dilakukan melalui tahap-tahap sebagai berikut :
1.            Menghitung biaya satuan
2.            Menyusun rencana biaya pengembangan sekolah selama 4 tahun
3.            Menghitung perkiraan sumber pendanaan
4.            Penyesuaian rencana biaya dan sumber pendanaan
5.            Menyusun rencana kegiatan dan anggaran madrasah (RKAM)
Hasil dari proses tersebut adalah berupa usulan rencana biaya dan pendanaan madrasah baik dalam bentuk rencana biaya pengembangan madrasah selama 4 tahun dan rencana biaya operasional sekolah, serta RKAM. Tabel 4.1 merupakan usulan RKAM tahun 2010-2011, sedangkan rencana biaya lainnya dapat dilihat dalam lampiran (tabel D1, D2, D3 dan D4)
































KESIMPULAN

TIM PENYUSUN RKM
MTs. AL JUMHURIYAH BAYONGBONG GARUT

Penanggungjawab                  : CEP AAM RIDWAN, S.PdI
Ketua                                       : CECEP IMRON MUKHLISH, S.Ag
Sekretaris                                : AHMAD ZAENI, S.Ag
Anggota                                   : SIROD SIROJUDDIN, S.Pd.
                                                  DADAN, A.Ma
                                                  DIAN RAMDHANI, S.PdI.
                                                  MOH. ARIF KURNIAWAN, S.PdI
                                                  AGUS TAOPIK, S.Ag
                                                  AHMAD RAPALI



Garut,    Juli 2010
Kepala,


CECEP IMRON MUKHLISH, S.Ag

3 Komentar:

Pada 21 Januari 2017 pukul 18.22 , Blogger Unknown mengatakan...

Assalamualaikum, Mohon bantuannya, minta file RKM tersebut untuk contoh keep e-mail harunashar@gmail.com
Syukron

 
Pada 13 Februari 2017 pukul 22.37 , Blogger Lin Hana mengatakan...

minta file RKM juga saya mind..
jika berkenan kirim ke linhana71@gmail.com
terima kasih.

 
Pada 4 Agustus 2018 pukul 06.29 , Blogger mts nurul salam mengatakan...

MINTA FILE Rkm DAN rkt YANG LENGKAP BOLEH,,,
DIKIRIM KE mts.nursa34722wanarata@gmail.com

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda